• SMA NEGERI 2 MARANG KAYU
  • Jl. KH. Abdullah Noor Dusun Handil Pangulu RT. 003 Desa Santan Ilir

Sejarah Singkat Berdirinya SMA Negeri 2 Marangkayu

( A brief history of the estabilishment of SMA Negeri 2 Marangkayu )

 

Sejarah singkat sekolah merupakan informasi yang menunjukkan rangkaian peristiwa, kejadian dan atau fakta yang menggambarkan eksistensi atau keberadaan suatu sekolah seperti halnya SMAN 2 Marangkayu beberapa tahun yang telah lalu sampai akhirnya seperti sekarang ini.

SMA Negeri 2 Marangkayu berdiri sejak Tahun 2003 yang berawal dari ide atau gagasan tokoh masyarakat yang juga merupakan Kepala Desa Santan Ilir saat itu sekaligus pendirinya yaitu Bpk. H. ABD Hamid, yang mana ide tersebut merupakan representasi dari situasi dan kondisi kala itu sampai akhirnya sekolah tersebut dibangun sebagai bentuk upaya untuk menampung para lulusan siswa – siswi tingkat SLTP baik negeri ataupun swasta yang berlokasi di wilayah kecamatan Marangkayu umumnya dan khususnya wilayah desa Santan Ilir dan sekitarnya, dalam hal ini termasuk juga desa Santan tengah, Pada masa itu upaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA Negeri milik pemerintah harus menempuh perjalanan yang cukup jauh sekitar puluhan kilometer dan memakan waktu yang lama yakni untuk menuju ke Kota Bontang atau ke Marangkayu yang mana pada waktu itu kondisi pembangunan infrastruktur jalan yang belum memadai bahkan sangat memperihatinkan.

 

Latar belakang berdirinya SMA Negeri 2 Marangkayu juga bertujuan sebagai bentuk upaya memfasilitasi serta merealisasikan potensi dan harapan sebagian besar warga masyarakat santan ilir dan juga masyarakat santan tengah serta masyarakat desa sekitarnya dalam melanjutkan studi dari tingkat SLTP kejenjang SLTA negeri sehingga kemudian tercetuslah ide atau gagasan dari Bpk.H. Abd. Hamid kala itu yang tentunya dalam hal ini di bantu oleh beberapa orang/pihak terutama dari kalangan praktisi pendidikan untuk membuat atau menyiapkan segala sesuatunya yang bersifat admnistratif sebagai prasyarat untuk pendirian suatu sekolah setingkat SMA kepada institusi yang mempunyai kewenangan atau kepada lembaga yang terkait sehingga pada akhirnya tahun 2003 berdirilah suatu sekolah setingkat SMA yang posisinya terletak di Dusun Handil Pengulu, Desa Santan Ilir Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara propinsi Kalimantan Timur.

Waktu awal berdirinya sekolah belum memiliki status baik filial, swasta ataupun yayasan terlebih negeri, ruang kelas hanya terdiri dari tiga ruangan dengan fasilitas atau sarana prasana seadanya, jumlah siswa kala itu pada awal tahun pembelajaran pertama 2003-2004 sekitar kurang lebih 80 siswa yang terdiri dari dua rombel. Pada masa itu untuk sementara sekolah di bawa koordinator Bpk. Sultang, S.Pd.

Dalam perjalanannya, beberapa bulan kemudian ditunjuk/dingaktlah kepala sekolah pertama definitif bernama Bpk. Drs. Gaffar,M.M. Sekolah dengan dinahkodai beliau, bersama Bpk. H. Abd. Hamid dilakukanlah upaya-upaya untuk menjadikan sekolah negeri yang pada akhirnya keluarlah disposisi Bupati Kutai Kartanegara ketika itu, dengan hal itu kemudian maka pada tahun 2004 berdasarkan regulasi yang ada lahirlah secara resmi SMA Negeri 2 Marangkayu sampai seperti sekarang ini.

Titik kulminasi perjuangan tidak sampai disitu tapi pada sekira tahun 2005 setelah SMA Negeri 2 Marangkayu eksis dan diakui muncul ide atau gagasan yang sama yang tidak kala cemerlangnya yakni dari salah seorang warga Bontang yang juga praktisi pendidikan bernama Bpk. Abd. Kahar, S.Ag. untuk mendirikan sekolah SMA filial Negeri 2 Marangkayu dengan latar

belakang dan tujuan yang sama seprti yang sudah dituliskan diatas, sehingga kemudian dalam masa tahun itu berdirilah SMA filial negeri 2 Marangkayu sampai sekarang ini yang berlokasi di Desa Santan Ulu.

Demikianlah sekilas sejarah singkat SMA Negeri 2 Marangkau ( A brief history of the estabilishment of SMA Negeri 2 Marangkayu ) yang tentu tidak luput dari suka dan duka serta segala rintangan yang dilalui, akan tetapi dibalik itu semua ada hikmah dan keberkahan.

Terima kasih

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

Visi TERWUJUDNYA GENERASI BERAKHLAK MULIA, BERPRESTASI, KOMPETITIF, MENGUASAI IPTEK DAN PEDULI LINGKUNGAN Misi Menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepribadian yang meliputi keimanan&n

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 465 kali